oleh

Satu Hari Jelajahi Jakarta, Ada Apa Aja Sic?

Wisata
Hastag.net – Satu hari trip ke Jakarta Utara dengan budget minim, bisa kemana saja ya? Hemmm, tenang. Jelajahi Jakarta dengan budget yang minim masih bisa kok liburan seru dengan sangat menyenangkan.

Trip satu hari di Utara Jakarta

26 September lalu mengikuti trip satu hari bersama Komunitas ISB ke daerah Jakarta Utara. Tentu saja seru banget, karena bisa menjelajahi Jakarta hanya dalam satu hari saja. Trip kali ini tentu saja tidak perlu mengeluarkan uang banyak, karena tempat yang dikunjungi juga bisa diakses dengan angkutan umum. Mau naik Trans Jakarta bisa, apalagi KRL. Kalau saya hitung sih, anggaran yang saya keluarkan tidak lebih dari 50.000. Waah, trip kemana saja ya?
Ada 2 lokasi yang saya kunjungi untuk trip satu hari di Utara Jakarta, yakni:
Pelabuhan Sunda Kelapa

Tempat pertama yang dikunjungi adalah Pelabuhan Sunda Kelapa yang sudah dikenal sejak abad ke 12. Dimana kala itu pelabuhan ini merupakan pelabuhan terpenting Pajajaran. Bahkan pada masa masuknya Islam dan para penjajah Eropa. Kalapa diperebutkan antara kerajaan-kerajaan Nusantara dan Eropa. Yang pada akhirnya Belanda berhasil menguasainya cukup lama sampai lebih dari 300 tahun. 
Pelabuhan Sunda Kelapa terletak di Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Daerah ini sangat penting sekali, karena desa yang ada di sekitar pelabuhan Sunda Kelapa menjadi cikal bakal Kota Jakarta yang hari jadinya jatuh pada 22 Juni 1527. Sampai sekarang pelabuhan ini sangat aktif, dan banyak dikunjungi wisatawan juga. Ada banyak kapal dan Container. Seperti kata mba Ira Latief, Pelabuhan Sunda Kelapa ini sempat menjadi pelabuhan yang tersibuk se Asia Tenggara. Coba deh sesekali datang ke tempat ini, kesibukannya setiap hari juga masih terlihat. 
Keliling di Pelabuhan Sunda Kelapa juga jangan sampai untuk melakukan banyak persiapan juga nih, seperti:

  • Pakai Sunscreen dulu, karena datang ke Palabuhan Sunda Kelapa itu panasnya poll banget. 
  • Bawa topi, kacamata hitam juga. Karena disini tuh terik juga.
  • Bawa air minum. Karena cuaca sangat panas, dan pasti keliling di pelabuhan lumayan menguras tenaga. Jangan sampai ya kekurangan cairan. 
  • Gunakan masker. Mengingat polusi Jakarta yang beberapa bulan terakhir tidak sehat, sedang kemarau banyak debu juga. Nah di Pelabuhan Sunda Kelapa juga sama berdebu dan banyak polusinya juga. Jadi jangan sampai lupa pakai masker.
Kalau cuaca panas, jangan sampai ya sampai kena dehidrasi. Apalagi lagi trip. Saya sendiri sekarang ini sudah terbiasa bawa minum kemana pun, termasuk saat trip. Minum air mineral 8 gelas setiap hari, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Air mineral Aqua dari Danone selalu menjadi pilihan, mau itu saat di ruamah, maupun di luar rumah. Danone adalah perusahaan multinternasional yang memproduksi  berbagai jenis makanan dan minuman. Danone saat ini memegang beberapa merek terkenal air minum, salah satunya adalah Aqua. Aqua telah lama dipercaya oleh masyarakat. Kalau ingin minum, pasti ingatnya adalah Aqua.
Selain air minum, beraktivitas di luar rumah, tak boleh sampai lupaa untuk menggunakan masker. Untuk masker yang saya gunakan setiap hari, termasuk saat trip ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Nexcare dari 3M pasti selalu menjadi pilihan juga. Karena Nexcare itu dilengkapi dengan filter yang bisa disesuaikan dengan fungsinya.
  • Masker sehari-hari, dengan 3 lapis filter, melindungi saat sakit. Ada Daily Kids Mask, Daily Mask, dan Daily Hijab Mask.
  • Masker Ekstra. Dengan 3 lapis filter dan tambahan lapisan filter karbon aktif, melindungi dari polusi dan bau tak sedap. Seperti Nexcare Carbon Mask.
  • Respirator KN95 Air Pollution & Haze, dengan filter Elektrostatis, yang melindungi dari asap dan polusi tinggi. 95% efektif menyaring partikel berukuran 2.5 makron.
Kan kalau terlindungi dengan masker, semoga bisa terbebas dari polusi udara yang buruk dan debu yang menganggu kesehatan. Menggunakan masker dan membawa air minum saat trip sangat penting. Apalagi pas trip ke Pelabuhan Sunda Kelapa, bisa sambil OOTD juga loh.
Museum Bahari

Setelah dari pelabuhan Sunda Kelapa, trip juga berlanjut nih sambil jalan kaki ke Museum Bahari, yang jaraknya memang sangat dekat sekali. Sayangnya hari itu, saya tidak terlalu menikmati trip di Museum Bahari, karena kondisi badan sedang 3L (lemah, letih dan lesu) karena anemia. Museum Bahari adalah museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Museum ini adalah salah satu dari delapan museum yang berada di bawah pengawasan dari Dinas Kebudayaan Permuseuman Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Buat masuk kesini juga sangat terjangkau, hanya 5000 rupiah buat beli tiketnya. Bisa ajak anak-anak juga nih, supaya tahu lebih banyak tentang kebaharian.
Meracik Jamu di Acaraki Kota Tua

Setelah selesai jelajahi pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari, perjalanan trip berlanjut nih ke daerah Kota Tua, tapi kali ini bukan mau foto-foto disana, tapi mau meracik jamu di Acaraki Jamu. Disini bisa ikutan cara meracik jamu yang enak dan menyegarkan. Jamu itu baik juga buat kesehatan, bukan saja untuk dikonsumsi setiap hari, tapi juga bisa menambah nafsu makan anak-anak. Di Acaraki Jamu ini, jamu disajikan dengan cara yang berbeda. Malah beberapa perlengkapannya, seperti melihat mau racik kopi. Saat meracik jamu, ada pa Joni dan mas Ridho yang memandu pembuatan jamu, yang hari itu membuat beras kencur tubruk dan beras kencur saring. Rasanya gimana? emmm enak dan segar banget. Apalagi ada beberapa sajian jamu disini juga enak banget.
Pokoknya kalau lagi main ke Kota Tua jangan sampai ketinggalan buat menikmati jamu yang enak di Acaraki Kafe. Harganya juga sangat terjangkau banget.
Trip satu hari jelajahi Jakarta, banyak hal kok yang bisa dilakukan dan pastinya budgetnya juga ga mahal kok. Malah bisa banget berhemat. Sepertinya next bakalan ajak anak-anak buat trip kesini juga. (*)

Komentar

Berita Lengkap Lainya