oleh

Resep Masak Nasi Bola-bola Goreng Ketan Hitam

Resep Masak

HastagNet – Siapa yang suka ketan hitam? Saya doyan sekali dengan ketan hitam. 

Ketan hitam bisa kita buat kreasi makanan yang begitu nikmat, mau itu bubur manis, bugis, tape, uli, cake dan lainnya. Semua tergantung kita, kira-kira ketan hitam ini mau kita olah menjadi apa? Biasanya saya buat bubur, atau bugis untuk cemilan keluarga. 

Kali ini sedikit berbeda. Iseng-iseng, ketan itu saya buat menjadi nasi. Tadinya, mau saya makan dengan menambahkan parutan kelapa dan sambel yang ekstra pedas, serta tempe goreng. Tapi akhirnya, saya membuat Nasi Bola-bola Goreng Ketan Hitam.

Bola berarti bulat ya hehe, mau tau cara bikinnya? Siapin dulu bahan-bahannya yuk.

Resep Masak Nasi Bola-bola Goreng Ketan Hitam
Bahan-bahannya ini ya
  • Yang pasti siapkan beras ketan. Tadi saya membuatnya dengan 1/2 liter saja. Cuci bersih dan masaklah, hingga menjadi nasi yang empuk dan pulen. Berikan sedikit garam ya.
  • 1 telur.
  • Tepung roti atau tepung panir.
  • Untuk isinya saya menggunakan 1 wortel yang dipotong sangat kecil. Bisa juga dengan abon, keju, dan lainnya. Pokoknya sesuai selera deh. Kalau saya memang ingin menggunakan wortel mentah.
  • Minyak Goreng
Kalau bahan-bahan sudah siap, sekarang kita tinggal membuatnya.

Pertama, cuci tangan dong ya sampai bersih dengan sabun. Supaya kuman yang menempel di tangan cepat mati, sebelum kita membuat adonan nasi bola-bolanya. Setelah selesai baru deh kita bulat-bulatkan nasi ketan hitamnya. Dan jangan lupa untuk memasukkan wortel yang sudah kita potong kecil.
Ini yang sudah jadi, dan siap masuk ke kulkas dulu sebelum di goreng

Kedua, kocoklah telur, dan masukkan nasi bola-bolanya. Setelah itu baluri satu persatu nasi bola-bola ketan hitam dengan tepung roti atau tepung panir sampai merata.

Ketiga, diamkan selama 10-15 menit di dalam kulkas. Setelah itu, barulah panaskan minyak dengan api kecil. Dan masaklah sampai nasi bola-bola goreng ketan hitam berwarna kekuningan. 

Terakhir, siap kita makan deh dengan saos sambel ekstra pedas. Lebih baik makan selagi hangat, karena akan terasa lebih nikmat.

Ini hasilnya ya, wortelnya tetap mentah sesuai keinginan saya hehe

Bagaimana mudahkan? Mudah dong ya, karena membuat cemilan yang satu ini serba mudah, murah dan cepat. Dengan modal 26.000 rupiah saja, kita bisa membuat kreasi masakan dari ketan hitam. Apalagi saya hanya menggunakan ketan hitam setengahnya saja, sisanya mau saya buat bubur saja.

Nasi bola-bola goreng ketan hitam, bisa kita nikmati bersama keluarga tercinta. (*)



Komentar

Berita Lengkap Lainya