oleh

Rakit PC Pakai AMD Ryzen 3 Budget 5 Juta Tuh Begini, Hemat dan Anti Lelet

Hastag.net  – PC merupakan perangkat yang sering digunakan untuk gaming dibandingkan digunakan yang lain. Karena selain faktor harga yang lebih murah, perangkat PC juga mempunyai performa yang lebih baik dibandingkan dengan laptop. Asupan daya yang ada di PC pun lebih efesien dibandingkan di laptop ketika digunakan untuk gaming plus overclock. Overclock di laptop sendiri membutuhkan daya dan tenaga yang lebih ekstra tetapi tidak memdapatkan hasil yang maksimal.
Rakit PC Pakai AMD Ryzen 3 Budget 5 Juta Tuh Begini, Hemat dan Anti Lelet



Rakit PC Pakai AMD Ryzen 3 Budget 5 Juta Tuh Begini, Hemat dan Anti Lelet

Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.blogspot.com. Bagi kalian yang baru datang, elliotmayot.blogspot.com merupakan blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Trik dan Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.blogspot.com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Nah pada artikel kali ini ElliotMayot akan membahas rakitan PC terbaik lagi di range harga 5 jutaan yang sudah bisa main overclock-overclockan. Karena pada artikel ini kita akan mencoba mengoverclock PC yang kita rakit dan membandingkan performanya. Mari kita mulai dari komponen-komponen yang akan dipakai.

Motherboard yang kita pakai adalah MSI B450M Pro-VDH Plus. Dipilihnya motherboard ini karena cocok sekali untuk pengguna awam yang ingin memulai overclocking. CPUnya karena budget mepet, jadi ya pakai AMD Ryzen 3 2200G. Selain overclockable, CPU ini juga sudah include dengan Radeon RX Vega 8 yang lumayan buat main game ringan bahkan sekelas e-sport

Sehingga bisa jadi solusi buat yang belum cukup uangnya untuk beli GPU, tetapi sudah perlu banget buat pake PC. Jadi nanti jika sudah terkumpul uangnya kalian tinggal beli VGA cardnya. Harusnya Ryzen 3 2200G itu belum mengalami bottlenecking CPU apabila kalian menggunakan kelas menengah. Mungkin ElliotMayot bisa merekomendasikan seperti GTX 1060, RX 580 bahkan hingga GTX 1660.

Memory yang akan digunakan adalah Team T-Force Vulkan Red 2×4 GB DDR4 dengan rating 3000 MHz. Ini dipilih karena menurut ElliotMayot harganya cukup oke aja untuk RAM 3000 MHz. Dan kita akan coba overclock nih memory nanti. Storage yang dipilih adalah SSD, karena biar mudah pas mau upgrade ke HDD. Daripada HDD ke SSD lebih ribet.

Yang ElliotMayot gunakan adalah WD Blue SSD 3D Nand 250 GB. Ini dipilih karena sudah pernah diuji aja sih, dan juga lagi males coba-coba SSD lain. Selanjutnya ada power supplai dari Cooler Master MWE 450 80+ karena nih power supplai sudah jadi yang terbaik ketika kalian butuh PSU terbaik dengan harga termurah, males nyoba-nyoba yang lain.

Dan semua komponen-komponen tersebut akan dimasukan ke dalam casing Cube Gaming Raidner. Casing murah, sudah dapat 3 fan kelap-kelip, dan tempered glass juga. Kekuranganya nih casing emang sangat-sangat sempit, bahkan seadanya. Airflow juga sebernanya kurang jelas dan cuma tersedia 1 slot 2,5 Inch untuk SSD dan tempat HDD yang aneh.

Casing Cube Gaming Raidner ini belum memiliki power supplai cover, sehingga sebagian kabel akan kelihatan. Dan kalau semua kabel power supplai mau dikebelakangin juga ngga bakal muat. Dust filter nih casing berada di atas bukan di depan. Ya sudah lah namanya juga casing murah, yang penting pas difoto itu keren.

Dan di atas adalah hasil pengujian Bencmark baik normal performance ataupun overclocked performance. Gimana menurut kalian hasil perbandingannya?

Daftar Komponen dan Harganya
AMD Ryzen 3 2200G Rp 1.399.000
MSI B450M pro-VDH Plus
Rp 1.340.000
Team T-Force Vulkan Red 2x4GB DDR4 3000  Rp 534.100
Cube Gaming Raidner
Rp 500.000
Cooler Master MWE 450 80+ Rp 560.000
WD Blue SSD 3D Nand 250GB
Rp 710.000
Total Harga per Tanggal 5 Oktober 2019 Mulai dari
Rp 5.104.100

(*)

Komentar

Berita Lengkap Lainya