oleh

Misteri Gunung Prau serta 3 Mitos Menyeramkan Di balik Semua Keindahannya!

Di balik keindahan alam yang mengagumkan di Gunung Prau nyatanya tergeletak mitos serta misteri yang cukup menyeramkan. Ingin tahu apa sajakah? Sila baca ulasan kesempatan ini ya!

Petualang mana sich yang belum menaklukan Gunung Prau? Gunung yang memiliki predikat jalan pendakiannya aman untuk pemula ini salah satu gunung di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang mengagumkan di puncaknya.

Jadi salah satunya favorite beberapa petualang jadi salah satunya spot penjelajahan di Jawa Tengah, Gunung Prau salah satu gunung yang memiliki waktu pendakian yang cukup singkat. Hal itu berdasar oleh waktu pendakiannya yang tidaklah sampai 4 jam, telah tiba pucuk.

Keindahan alam dan semua pemandangannya di pucuk memang sungguh indah. Waktu masuk musim panas, udara dan visibility di pucuk Gunung Prau sampai tingkat yang terbagus. Masalahnya dari pucuk Gunung Prau, lo dapat lihat deretan puncak-puncak gunung yang lain.

Pucuk gunung-gunung yang lain ialah pucuk Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu serta sampai Pucuk Gunung Lawu. Tidaklah heran, dengan panorama alam yang semacam ini, Gunung Prau seperti belum pernah kehabisan pendaki.

Tetapi, di balik semua keindahan yang berada di sana, Gunung Prau simpan beberapa mitos serta misteri seperti pegunungan di Indonesia yang lain. Sedikit yang tahu mitos serta misteri ini sebab jelas tertutup rapi oleh semua keindahan alam yang berada di sini.

Menarik Dibaca!  Inilah! 7 Wanita Paling Unik di Dunia

Beberapa mitos serta misteri yang berada di Gunung Prau sudah dikumpulkan jadi 3 hal atau tiga misteri serta mitos saja, gan. Bikin lo yang telah makin ingin tahu dengan apapun mitos atau misteri di balik semua keindahan yang berada di Gunung Prau, sila baca ulasan ini sampai habis, ya!

Asal mula Gunung Prau: Gunung Mayit

Menyeramkan memang. Tetapi, beberapa orang dan banyak pula petualang yang tidak tahu misteri yang satu ini. Gunung Prau memiliki asal mula nama yang cukup mencengangkan. Hal itu karena oleh beberapa yang memandang, nama Prau berdasar bentuk gunung yang seperti dengan perahu.

Sayangnya, asumsi itu masih meleset, gan. Sebab sebetulnya, asal mula Gunung Prau, sempat namanya Gunung Mayit. Dalam bahasa Indonesia, mayit berarti mayat, atau seonggok badan yang telah ditinggal ruhnya.

Konon tuturnya, bentuk Gunung Prau bila disaksikan dari jauh, seperti pocong atau urutan mayit yang tidur rebahan. Tetapi, namanya misteri serta mitos, sedikit yang mengetahui masalah kebenaran dari asal mula itu.

Menarik Dibaca!  Tanpa Kita Sadari, Inilah Gejala Awal Penyakit Gagal Ginjal, Kenali Ciri-Cirinya Sebelum Terlambat

Hal itu karena oleh riwayat Gunung Prau yang dipandang seperti perahu terbalik, serta bukit-bukit hijau di sekelilingnya disimpulkan jadi ombak lautan. Hingga gunung itu dinamakan Gunung Prau atau Perahu.

Pintu Tidak Kasat Mata: Oyot Rimpang

Mitos atau misteri setelah itu yang berada di Gunung Prau ialah Pintu Gaib, atau lebih diketahui dengan Oyot Rimpang. Jalan pendakian Gunung Prau melalui Dieng Kulon, lo akan temukan vegetasi pohon-pohon yang masih lebat serta asri.

Sesudah melalui pohon-pohon lebat itu, lo akan temukan vegetasi rumput serta Bunga Daisy. Nah, di salah satunya sisi di padang bunga itu, ada banyak pohon yang tumbuh pada sebuah ruang.

Minimal, ada 4-5 pohon yang tumbuh sama-sama bersisihan itu, serta membuat satu kotak atau biasa disebutkan dengan Oyot Rimpang. Sedikit yang mengetahui bila konon kotak yang berada di dalam pohon-pohon itu ialah Pintu Gaib-nya.

Menurut keyakinan warga seputar, bila ada pendaki atau petualang yang berani masuk ke kotak itu, diakui dia akan selesai di dimensi yang tidak sama. Lo akan kelihatan berjalan memutar dalam tempat hanya itu seolah tidak dapat keluar dari spot itu.

Menarik Dibaca!  Download Gratis Kumpulan Lagu Lobow MP3 Paling Lengkap

Namun, walaupun menyeramkan, tetapi kebenaran mitos itu belum dapat dibuktikan dengan ilmiah. Jadi pendaki yang beretikan, tentunya lo harus juga menghargai serta mematuhi beberapa aturan yang ada berkaitan dengan mitos atau misteri Pintu Gaib itu.

Gunung Prau: Persemayaman Beberapa Dewa

Konon nama Dieng datang dari bahasa Kawi. β€˜Di’ berarti tempat atau gunung, serta β€˜Hyang’ bermakna Dewa. Jadi, secara singkat nama Dieng bermakna tempat atau gunung bersemayamnya beberapa Dewa. Berdasar narasi dari keyakinan warga seputar, beberapa Dewa sungguhan berada di Gunung Prau itu.

Hal itu mereka yakini sebab terdapatnya Candi Arjuno. Candi Arjuno sendiri dipercaya sebagai salah satunya tempat persinggahan beberapa Dewa. Lebih, bila ada ritual Potong Rambut Gimbal yang berlangsung sekali dalam satu tahun di dataran tinggi Dieng, asumsi jika Gunung Prau ialah tempat persemayaman beberapa Dewa makin kuat.

Wah bagaimana nih gan? Apa adanya mitos serta misteri dari Gunung Prau ini justru membuat lo menangguhkan kemauan untuk kesana? Eits, jangan ya gan! Pada saat lo masih ikuti ketentuan serta semua ketetapan yang ada, lo masih harus berani menaklukan pucuk Gunung Prau nih!

Jadi, kapan siap mendaki Gunung Prau, gan?

Komentar