oleh

Miliader Rusia Danai Pencarian Alien

alien
HastagNet – Pada tanggal 20 Juli 2015, Yuri Milner, seorang miliarder Rusia, telah mengumumkan bahwa ia berniat untuk menginvestasikan $ 100 juta uangnya sendiri untuk menjawab salah satu pertanyaan terbesar di alam semesta: Apakah ada kehidupan cerdas di luar tata surya kita?.
Pernyataan Milner ini telah diverifikasi oleh ahli fisika teoritis terkenal, Stephen Hawking, demikian dilaporkan oleh NY Times.
Proyek ini dikatakan akan berlangsung selama 10 tahun, dan diharapkan dapat menyebabkan penemuan kehidupan asing. Tidak ada jaminan rencana ini akan menghasilkan apa-apa, sehingga semua orang mungkin harus duduk kembali dan menunggu sedikit lebih lama. Hal ini tentunya sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh lembaga Search for Extraterrestrial Intelligence (SETI) untuk kembali ke jalur yang benar.
Milner, 53, mantan CEO portal Internet terbesar Rusia – Mail.ru, sebelum melakukan investasi di Facebook, Twitter dan Alibaba, telah memfokuskan pada upaya sains filantropis. Sumbangan dana, yang dijuluki Breakthrough Listen, itu akan mendanai waktu penggunaan teleskop di Amerika Utara dan Australia serta pengolahan data untuk mencari sinyal radio di sistem tata surya lain yang jauh.
Milner telah berbicara kepada TIME tentang pengumuman yang dibuatnya dan berikut adalah transkrip ringan wawancara yang telah diedit.
Anda mendirikan Breakthrough Prize tiga tahun lalu untuk memperkenalkan piala Oscar dengan peserta para ilmuwan di Hollywood. Acara ini menarik presenter selebriti terkenal seperti Benedict Cumberbatch. Mengapa?. Darimana minat Anda pada ilmu pengetahuan berasal?
Dalam hidup saya sebelumnya, saya adalah seorang ahli fisika, mungkin itu yang dapat menjelaskan minat saya pada ilmu pengetahuan. Saya dinamakan Yuri, mengikuti Yuri Gagarin, manusia pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Jadi saya semacam membawa nama ini, dan saya pikir, misi dalam hidup saya adalah untuk mendukung ilmu pengetahuan.
Kita tidak merayakan prestasi intelektual. Kita merayakan prestasi atletik. Kita merayakan pencapaian artistik. Jika melihat 200 orang paling terkenal di dunia, Stephen Hawking mungkin akan berada pada urutan ke 199 atau tidak sama sekali. Dengan ini (Breakthrough), kami bermaksud membuat beberapa kemajuan. Kami tidak membayar selebriti untuk datang, mereka datang karena mereka ingin. Ketika kami memulainya itu adalah satu-satunya acara dasi hitam di Silicon Valley. Tahun ini untuk pertama kalinya, akan disiarkan pada jaringan besar-Fox-dan kami akan menyiarkannya secara langsung di televisi.

yuri milner
Yuri Milner

Mengapa fokus pada pertanyaan kehidupan di alam semesta sekarang?
Kami mengumumkannya pada tanggal 20 Juli, tepat pada ulang tahun pendaratan Apollo di Bulan. Saya pikir minat pada ruang angkasa meningkat lagi setelah sekian lama tertidur. Lihatlah kegembiraan massal atas (pertemuan New Horizons dengan) Pluto, mungkin akan lebih lagi (saat kita) mencapai Mars. Proyek ini mudah untuk dijelaskan. Ini memiliki dampak tinggi, dengan probabilitas yang rendah (tapi memiliki) legitimasi ilmiah (yang kuat). Dan semua orang dalam hidupnya telah memikirkan pertanyaan ini.
Apa yang Anda cari sebenarnya?
Sinyal buatan yang tidak dapat dijelaskan oleh sains.
SETI memiliki sejarah panjang. Apa yang telah berubah?
Pada tahun 1960, Frank Drake melakukan merintis pendirian SETI dan dana operasional mengalir sampai tahun 1980-an. Tapi kemudian ide semacam itu memudar, kecuali (untuk tetap) menjadi pertanyaan, tentu saja. Hari ini beberapa hal telah berubah yang memungkinkan kita dalam satu hari mengunggah data sebanyak yang biasa kita lakukan dalam setahun.
Kita sekarang tahu pasti bahwa ada (kemungkinan kehidupan Extra Terrestrial) di banyak galaksi, (bahkan) beberapa miliar. (Dahulu) waktu penggunaan teleskop sulit untuk didapat, tapi (sejak peluncuran teleskop Hubble) sekarang ada kesempatan bagi swasta untuk membeli waktu penggunaan teleskop. Dan akhirnya Hukum Moore berlaku: kita dapat merancang infrastruktur terbaru yang mampu memproses data dalam jumlah besar jauh lebih cepat daripada sebelumnya. Kami ingin menyatukan yang terbaik dari kemampuan Silicon Valley dengan kemampuan sains terbaik yang dapat mereka tawarkan.
Ruang angkasa begitu luas, yang telah dilihat begitu sedikit. Bahkan jika kita bisa melihat lebih baik, apa yang dikatakan seseorang pada kita?
Ada banyak karya ilmiah yang sangat serius dilakukan pada saat ini dan banyak pekerjaan filosofis yang sangat menarik. Pemikirannya adalah jika ada sebuah peradaban bahkan sedikit lebih maju dari kita, mereka mungkin dapat memberitahu ada oksigen di atmosfer mereka dan bahwa kita layak untuk melihatnya. Jika mereka memiliki sesuatu yang lebih besar seperti Arecibo (teleskop radio di Puerto Rico), dan mereka dapat menunjukkan itu pada kita dan komunikasi (bisa berlangsung).
Dan bagaimana dengan konsekuensi sosial untuk menemukan salah satu jawaban?
Entah jawabannya mengagumkan dan menakutkan, (fakta bahwa sampai saat ini) kita sendirian (di alam semesta) adalah mengagumkan sekaligus menakutkan. Bahkan jika kita tidak sendirian itupun mengagumkan dan menakutkan. Meskipun (hal ini) akan menjadi penemuan yang mendasar, hidup tidak akan berubah banyak. Orang-orang akan mendapat pekerjaan. Saya akan melakukan investasi. Dan Anda akan menulis sesuatu.
Apa pendapat Anda secara pribadi ?
Alam semesta tidak penuh dengan kehidupan, tapi kita mungkin tidak sendirian. Jika kita sendirian saja itu akan menjadi seperti menyia-nyiakan keluasan alam semesta. Tapi saya tidak ingin menjadi hakim, saya hanya ingin membantu menemukan jawaban.
Anda mengatakan ini adalah proyek “terbuka”. Apa maksudnya?
Kami membuat semua data (yang didapat) terbuka dan tersedia untuk ilmuwan dan amatir. Banyak proyek mengaku terbuka tapi sebenarnya tidak. Kami akan benar-benar terbuka. Tidak akan ada kebutuhan untuk menerapkan dan data tidak akan dikirimkan secara begitu kompleks untuk membuatnya dimengerti. Kami juga menggunakan infrastruktur SETI dengan 9 juta jaringan komputer pribadinya yang membentuk salah satu super komputer terbesar di dunia. Sekarang mereka akan memiliki data lebih banyak untuk diolah. Semakin banyak orang berpartisipasi, semakin baik. Saya yakin akan ada banyak data positif palsu, tapi itu seimbang.
Dana tersebut akan berlangsung selama satu dekade. Bagaimana jika kita tidak menemukan apa-apa hingga saat itu?
Saya akan mendanainya selama 10 tahun. Hal ini dapat berlangsung selamanya. Ini tanggung jawab kita sebagai manusia untuk terus mencari sinyal (dari kehidupan lain).

yuri milner and stephen hawking
Yuri Milner and Stephen Hawking

Milner mendapatkan kekayaannya berkat banyak keputusan bisnis yang cerdas, seperti investasi besar-besaran di Facebook. Dia mengatakan motivasinya diatur tepat pada gagasan bahwa peradaban lain bisa mengajarkan kita bagaimana menangani alokasi sumber daya alam, yang merupakan sesuatu dari sebuah tantangan bagi umat manusia saat ini.
Sekali lagi, ini mungkin saja tidak menghasilkan apa-apa, tetapi marilah kita semua berharap dedikasi Milner dapat membantu kita menemukan sesuatu di luar sana, apakah itu kehidupan lain atau sesuatu yang tidak terduga sama sekali.(time/tvsx)

Komentar

Berita Lengkap Lainya