oleh

Luhut Polisikan Pengkritiknya, Pakar: Dari Awal Memang Pola Rezim Saat Ini Menyerupai Orde Lama

Luhut Polisikan Pengkritiknya, Pakar: Dari Awal Memang Pola Rezim Saat Ini Menyerupai Orde Lama
JAKARTA, Hastag.net – Rezim Joko Widodo sejak awal dikenal sebagai rezim yang menyerupai orde lama lantaran kebebasan berpendapat dan kritik hanyalah menjadi batu sandungan.

Hal itu disampaikan oleh pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam melihat peristiwa dipolisikannya mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP).

“Dari awal memang pola rezim saat ini menyerupai orde lama, kebebasan berpendapat dan kritik seolah menjadi batu sandungan,” ucap Saiful, Jumat (1/5/2020).

Padahal kata Saiful, sebuah kritik seharusnya dijadikan sebagai pemacu untuk melakukan pembenahan. Apalagi, Said Didu memang dikenal dengan suara yang lantang.

“Said Didu lantang bersuara, mestinya bukan malah melaporkan, justru dapat menjadi perhatian serius bagi pemerintah untuk terus berbenah. Kalau kritik lalu dibalas lapor polisi, apa artinya reformasi, lebih baik kembali ke orde baru,” tegas Saiful.

Saiful meyakini, apa yang disampaikan Said Didu bukan berdasarkan rasa benci kepada LBP secara personal, melainkan karena kebijakannya yang dianggap tidak tepat bagi rakyat Indonesia.

“Apalagi ini kan antara Pejabat Negara dengan rakyat biasa, bukan lawannya lah. Kalau LBP mau kan bisa undang para pengkritik agar bagaimana sebaiknya mengelola negara, bukan malah dilaporkan. Itu hanyalah akal sempit dan bagian sisa-sisa orde lama,” pungkas Saiful. [*]

Komentar

Berita Lengkap Lainya