oleh

Kopi Lanang Lereng Gunung Wilis Kediri diyakini Bisa Tingkatkan Vit4litas Pria

Kopi Lanang Lereng Gunung Wilis Kediri diyakini Bisa Tingkatkan Vit4litas Pria
Kopi Lanang Lereng Gunung Wilis Kediri diyakini Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria. 
HastagNet – Orang-orang lereng Gunung Wilis di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mengungkap diantara resep untuk menaikkan keperkasaan atau vitalitas pria, yakni rajin mengkonsumsi kopi. Bukan kopi seperti biasanya, tetapi kopi lanang.
Kopi lanang yaitu buah kopi yg berbiji tunggal hingga tidak sama dengan biji kopi biasanya. Artinya, jikalau kulit luarnya di buka, di buah kopi itu cuma ada satu sisi biji, tidak ada belahannya. Mempunyai  bentukyang lonjong. Padahal, biasanya, buah kopi memiliki dua belahan biji. Kata ” lanang ” sendiri dalam bhs Jawa bermakna ” laki laki “.
Rudi Hartono, salah seseorang warga, menjelaskan, keyakinan bakal manfaat kopi lanang untuk vitalitas pria itu telah dipunyai dengan cara turun-temurun dari nenek moyangnya, serta tetaplah lestari sampai saat ini. Kebetulan, di lokasi Besuki terdapat banyak tempat perkebunan kopi. Satu pabrik kopi pernah berdiri disana pada masa penjajahan Belanda.
” Faedah kopi lanang memanglah ada, yakni merasa ada penambahan tenaga hingga jadi jadi tambah kuat, ” kata warga Desa Besuki, Kecamatan Mojo, ini,
Langkah mengkonsumsinya, menurut pria berumur 43 th. ini, dapat bermacam. Ada yg dikunyah dengan  segera waktu masih mentah maupun dikunyah sesudah masak selesai disangrai.
Kopi dapat juga di buat sebagai minuman, seperti biasanya. Dengan langkah barusan, kopi lanang di kenal memiliki cita rasa yg nyaris menyerupai dengan kopi luwak, namun terasa lebih pahit.
” Saya sendiri mengunyah bijinya yg telah masak habis disangrai. Jadi, seperti makanan ringan gitu, ” paparnya.
Sudiro, warga yang lain, menyampaikan, dari khasiatnya itu, kopi lanang lebih berperan sebagai jamu dari pada sebagai minuman kopi umum. Selayaknya jamu, tambah dia, penyajiannya dapat juga ditambah dengan telur ayam kampung maupun madu yg diseduh berbarengan.
” Kalau kopinya sendiri tak perlu perlakuan spesial lantaran dari bijinya sendiri telah miliki kelebihan, yakni rasa yg kuat, ” papar pria yg menjabat sebagai kepala pemrosesan di Argo Wilis, satu pabrik yg tengah meningkatkan pemrosesan kopi lanang yg ada di lokasi wisata Irenggolo, lereng Gunung Wilis. (*)

Komentar

Berita Lengkap Lainya