oleh

Jangan Kaget, Misteri Terowongan Rahasia Danau Singkarak ke Danau Maninjau

Danau Singkarak ialah tujuan wisata alam yang mengundang perhatian beberapa pengunjung waktu berkunjung ke Sumatra Barat. Danau paling besar di Sumbar ini simpan banyak narasi menarik. Intinya ada cerita turun temurun di golongan warga seputar danau.

Diantaranya narasi terowongan yang menyambungkan Danau Singkarak ke Danau Maninjau. Susah memang bila diolah dengan nalar. Sampai sekarang, belum satu juga penemuan yang dapat menunjukkan kehadiran terowongan itu.

Narasi terowongan ini seringkali dihubungkan dengan kehadiran Tangga Batu Basurek di fundamen Danau Singkarak yang dipercaya ada di Sumpur Kudus. Pencarian Liputan6.com, narasi mistis ini tidak seluruhnya diamini warga ditempat.

“Usia saya telah 50 tahun, tetapi saya tidak paham asal narasi ini,” kata ibu-ibu di Kecamatan X Koto Singkarak yang malas disebut namanya.

Dia akui pernah dengar narasi itu, tetapi tidak tahu dengan tentu berkaitan asal mula cerita itu. “Dengar-dengar pernah, itu dari narasi beberapa orang tua dahulu,” tuturnya.

Sejarawan Kampus Andalas, Gusti Asnan, akui pernah dengar cerita-cerita mistis berkaitan Danau Singkarak. “Ya, Bung, saya pernah dengar narasi itu,” kata Gusti Asnan pada Liputan6.com.

Serta, kata Gusti, masih ada narasi lain yang susah diolah dengan akal sehat. “Malah ada cerita-cerita yang lain mengenai peralihan ikan besar dari Maninjau ke Singkarak atau sebaliknya. Atau ada orang yang hilang di Maninjau dapat tampil di Singkarak, atau sebaliknya,” tutur Gusti.

Cerita-cerita mistis ini seperti tidak tenggelam ditelan jaman. Kenyataannya, terowongan bawah air terpanjang memang berada di Danau Singkarak. Tahun 1992, Perusahaan Listrik Negara membuat terowongan selama 19 km. untuk memutar turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Singkarak di Asam Pulau, Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, dengan kemampuan 175 MW.

Terowongan ini tembus perut Gunung Merapi, hingga tertera jadi terowongan air terpanjang di Tanah Air yang mulai bekerja pada 1998. Ini jadi pembuangan air Danau Singkarak ke-2 yang bersumber ke pantai barat Samudra Hindia.

Saluran air pertama danau seluas 120 km. bujur sangkar ini awalannya cuma lewat Tangkai Ombilin, selanjutnya melalui Sungai Indragiri, serta bersumber di Selat Malaka.

Banyak faksi menyambungkan berkaitan misteri terowongan di fundamen Danau Singkarak ke arah Maninjau dengan Patahan Semangko–sesar geser aktif yang membuat deretan Bukit Barisan yang terbentang dari Aceh sampai Lampung. Dengan geologi, jalan Patahan Semangko melewati Danau Singkarak.

Komentar