oleh

Inilah! ROG Terhemat di 2019, Review, Harga, dan Spesifikasi Asus ROG Strix G531

Hastag.net – Asus ROG Strix G531 atau kita singkat aja lah yah menjadi Asus ROG Strix G merupakan laptop gaming paling kelap kelip dengan harga di bawah 20 juta rupiah. Laptop ini rilis bareng dengan ROG Strix Hero 3 dan Scarl pada bulan April tahun 2019. Laptop ini menjadi penerus laptop ROG entry level sebelumnya. Jadi ROG Strix G ini memiliki kemiripan desain dengan laptop pendahulunya. Karena masih berkolaborasi dengan Designworks.
Inilah! ROG Terhemat di 2019, Review, Harga, dan Spesifikasi Asus ROG Strix G531


ROG Terhemat di 2019, Review, Harga, dan Spesifikasi Asus ROG Strix G531
Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.blogspot.com. Bagi kalian yang baru datang, elliotmayot.blogspot.com merupakan blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Smartphone, Trik dan Tips seputar teknologi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.blogspot.com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Desainnya cukup fresh untuk laptop gaming di bawah 20 juta rupiah. Meski keseluruhan bodynya terbuat dari polimer. Termasuk bagian punggung yang pada umumnya memakai alumunium. Demi mendapatkan cooling lebih optimal, G531 memiliki pantat yang nonjol kebelakang. G531 ini juga tidak memiliki elemen keystone yang membuat bagian kanan laptop ini menjadi kosong. Untuk membedakan segmentasi, G531 agak lebih berat dan tebal dari saudaranya.

Karena ada penambahan hard drive dan iluminasi RGB all-around di bagian kiri, kanan, dan depan seolah-olah membuat laptop ini melayang di atas lampu neon. Dijamin laptop ini akan menarik perhatian orang yang lewat. Tetapi anehnya logo ROG di punggung malah ngga dikasih backlight dan kita juga belum bisa nemuin cara untuk men-disable RGB all-around tanpa men-disable backlight keyboard.

Strix G disini juga sudah melupakan yang namanya webcam dan bezel tipis. Layar 15 Inch ini sendiri adalah panel IPS bikinan Auoftronix yang mempunyai refresh rate 120 Hz, berview angle lebar, dan mempunyai akurasi warna 100% SRGB lebih tinggi dari adiknya yaitu si TUF FX505DU. Jadi buat main game atau aktivitas lainnya, mestinya kalian ngga usah khawatir selama puas dengan layar 120 Hz. 

Yang mungkin bakal membuat kalian kecewa adalah koleksi portnya. Di sisi kanan ngga ada port sama sekali. Di sisi belakang hanya ada LAN port,  HDMI serta charging port. Dan ditambah 3 USB 3.2 Gen 1 serta headphone jack di bagian sisi kiri.

Lanjut ke intisari review ini yaitu performa CPU Intel Core i7 9750H dengan ditemani GPU Nvidia GeForce GTX 1650. Dan berikut adalah hasil score dan FPS yang dihasilkan oleh kolaborasi i7 9750H dengan GTX 1650.

Karena mendapatkan performa yang oke, mari kita lihat jeroannya. Disini Strix G hanya mempunyai 2 fan dan 2 heatsink.

Dan suhu internal dan permukaan atas relatif terkendali tanpa noise kipas yang volumenya sampai mengganggu. Itu merupakan kelebihan desain laptop yang tebal.

Untuk semua produk Strix G yang rilis di Indonesia, hanya pakai SSD NVME Intel 512 Gb tanpa hardisk build in. Jadi kalau perlu ya tinggal ditambahin sendiri. RAM single channel 8 Gb DDR4 di sini juga bisa langsung ditambah jadi 16 Gb.

Karena mengikuti pendahulunya keyboard G531 tidak dilengkapi numpad demi memperluas keyboard. Keyboard dengan iluminasi RGB satu zona ini punya feel dan key travel yang sama enaknya dengan seri GL504 dan juga memiliki keyboard WASD putih susu. Tombol volume, microphone, power profile, dan ROG armory create yang terpisah di atas pun dikasih backlight RGB, kecuali untuk sang tombol power.

Touchpad nya juga akurat dan ditambah hardware button yang enak banget untuk diklik. Untuk daya tahan baterainya masih gitu-gitu aja. Yah paling banter bisa dipakai 3 setengah jam penggunaan ringan. Tapi kita bakal dapat adaptor 150 Watt desain terbaru yang sangat compact dan enteng. Pengorbanan yang terakhir adalah kualitas speaker yang masih jauh dari GL504 dan kawan-kawanya.

Spesifikasi Asus ROG Strix G531
Processor Intel Core i7 9750H
GPU Nvidia GeForce GTX 1650
RAM 8 GB DDR4 2666 MHz
Storage 512 GB M.2 NVMe PCIe SSD
Layar 15,6 inch IPS 1920 x 1080
Battery 3-cell Li-on
System Operation Windows 10 Pro
Harga per Tanggal 30 Juli 2019 Mulai dari
Rp 15.000.000
(*)

Komentar

Berita Lengkap Lainya