oleh

Guyonan Gus Dur: Presiden Tanpa Sepatu

Guyonan  Gus Dur: Presiden Tanpa Sepatu
Humor Gus Dur: Presiden Tanpa Sepatu

 Hastag.net –  SEBELUM menjadi Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sempat meragukan dirinya menjadi pemimpin bangsa gara-gara kemampuannya memakai sepatu. Kok bisa?

Pada 1996, para kiai kompak bertanya tentang kesiapan Gus Dur menjadi presiden. “Wong pakai sepatu saja saya bubulen (bisulan), gimana bisa jadi presiden wong kemana-mana pakai sandal,” jawab Gus Dur.

Benar saja saat terpilih menjadi presiden pada 1998, seorang kiai mendekati Gus Dur dan bertanya, “Bagaimana Gus, sekarang sudah bisa pakai sepatu?”
Tentu saja Gus Dur sudah menyesuaikan diri dengan jabatan formalnya. Namun, hobi putra Menteri Agama era Presiden Soekarno, KH Wahid Hasyim ini untuk menghindari sepatu berhasil dimanfaatkan sang sahabat, KH Mustofa Bisri alias Gus Mus.

Saat berkunjung ke Istana Negara, kiai asal Rembang, Jawa Tengah ini sempat ditahan oleh Paspampres di pintu penjagaan. Pasalnya, ia memakai sandal. “Kalau saya dilarang masuk saya akan protes. Wong presidennya jarang pakai sepatu!” elak Gus Mus.

Para penjaga istana pun tak kuasa mengelak. Gus Mus diperkenankan masuk dan menemui Presiden Gus Dur. *Diadaptasi dari buku Ger-Geran Bersama Gus Dur: Edisi Spesial Mengenang Gus Dur karya Hamid Basyaib (2010). (ful/okezone)

Komentar

Berita Lengkap Lainya