oleh

Fakta Tersembunyi Dibalik Suplemen Olahraga

sports suplements 1
HastagNet – Jutaan orang telah menggunakan suplemen olahraga dengan harapan untuk mendapatkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari penurunan berat badan hingga untuk membangun otot. Tapi beberapa suplemen telah dijual secara ilegal dan bisa sangat berbahaya.
Selama 20 sampai 30 tahun terakhir, suplemen olahraga telah menjadi semakin populer di kalangan binaragawan amatir, dan bukan hanya sejumlah kecil atlet profesional.
Orang-orang yang tertarik untuk memperoleh kebugaran dan meningkatkan fisik mereka mungkin memilih suplemen yang dapat meningkatkan pertumbuhan otot mereka bila dikombinasikan dengan olahraga seperti angkat besi. Mereka juga dapat mencari cara untuk mengendalikan nafsu makan mereka ketika mereka mencoba untuk menurunkan berat badan, sebagai bagian dari diet binaraga.
Ada industri yang berkembang dalam suplemen gizi olahraga yang tersedia di jual langsung maupun secara online, tetapi sejumlah kecil suplemen ilegal, termasuk beberapa yang mengaku sebagai suplemen untuk “pembakaran lemak” atau “pelangsing tubuh”, telah dikaitkan dengan sejumlah kecil kematian. Meskipun dijual ilegal, ada bukti bahwa ini masih tersedia untuk pembelian secara online, terutama dari pemasok yang berbasis di luar negeri.
Sangat penting untuk menyadari bahwa produk yang dijual dari website atau pemasok yang berbasis di luar negeri mungkin tidak lulus standar keselamatan yang sama seperti yang diterapkan di Eropa.
Protein Sebagai pembangun otot

fitness girl
Fitness Girl

Protein adalah bagian yang sangat penting dari diet olahraga dan merupakan kunci untuk membangun dan memelihara semua jenis jaringan tubuh, termasuk otot. Protein terutama mengandung asam amino, blok bangunan yang digunakan untuk pembentukan otot.
Bubuk protein, tersedia dalam bentuk shakes, tablet dan kapsul, adalah salah satu suplemen pembentuk otot yang paling populer.
Mereka secara legal tersedia untuk pembelian secara langsung maupun online. Mereka diklaim mampu meningkatkan pertumbuhan otot tubuh, membantu proses metabolisme (untuk menurunkan berat badan), membantu mencapai kinerja fisik puncak, meningkatkan energi dan melawan proses penuaan dini.
“Konsumen dapat memilih untuk menggunakannya sebelum, selama dan setelah pelatihan untuk meningkatkan kinerja otot, meningkatkan pemulihan paska latihan, menambahkannya ke makanan untuk meningkatkan kadar protein atau ke dalam minuman mereka antara waktu makan sebagai camilan berprotein tinggi,” kata Azmina Govindji dari British Dietetic Association (BDA).
“Tapi mereka bisa mendapatkan manfaat yang sama dari memperkenalkan makanan tinggi protein untuk diet mereka sebagai makanan ringan atau menambahkannya ke makanan normal mereka untuk meningkatkan kandungan proteinnya. Meskipun shake protein nyaman, tidak semuanya cocok untuk digunakan sebagai makanan pengganti, karena mereka tidak memiliki semua vitamin dan nutrisi yang seimbang.”
Ini berarti bahwa binaragawan yang beralih ke suplemen protein, bukan hanya mengonsumsi makanan kaya protein, tapi juga membuang-buang uang mereka. Ada bukti bahwa, dalam jangka panjang, mengkonsumsi terlalu banyak protein dapat menyebabkan peningkatan risiko osteoporosis dan juga dapat menimbulkan masalah ginjal. Departemen Kesehatan menyarankan orang dewasa untuk menghindari mengkonsumsi lebih dari dua kali lipat asupan harian yang direkomendasikan dari protein (55.5 g untuk pria dan 45 g untuk wanita).
Berikut jenis makanan yang kaya protein meliputi:
  1. Daging merah: daging sapi, domba dan babi
  2. Unggas: daging ayam, bebek dan kalkun
  3. Telur
  4. Susu: yoghurt dan keju
  5. Kacang-kacangan
  6. Tofu/Tahu
Saran untuk menggunakan suplemen protein

fitness girl 2
Fitness Girl

Rick Miller, Ahli diet olahraga dan klinikal dari BDA, memiliki saran untuk binaragawan baik amatir maupun profesional yang ingin menggunakan suplemen protein:

“Sebuah perubahan sederhana dalam makanan (seperti yoghurt Yunani di pagi hari dengan muesli dan buah, daripada sarapan biasa seperti sereal dan susu) akan membantu meningkatkan kadar protein makanan. Setelah Anda mengambil langkah ini, Anda bisa memenuhi kekurangannya dengan suplemen protein. Bacalah label pada kemasan dengan hati-hati, konsumsi sesuai dosis yang direkomendasikan dan jangan tergoda untuk mengambil lebih dari yang diperlukan, karena kemungkinan besar akan memiliki efek samping negatif.”

“Jika Anda tidak yakin dengan suplemen tersebut, tanyakan hal itu kepada dokter Anda untuk meminta rujukan ke Ahli Diet. Suplemen Protein tidak dianjurkan untuk anak-anak karena kurangnya penelitian tentang efek jangka panjangnya terhadap mereka.”

Chris Gibbons, seorang atlet angkatberat dari Chesterfield, mengatakan ada pandangan umum yang keliru dan berbahaya bahwa suplemen adalah sebagai cara tercepat untuk mencapai tujuan mereka.

“Ada kecenderungan orang untuk berpikir bahwa ada bubuk sihir atau suplemen yang akan memberikan tubuh impian Anda, tetapi yang benar adalah, tidak ada pengganti untuk kerja keras dan komitmen,” katanya.

“Membentuk tubuh ideal memerlukan waktu bertahun-tahun, bukan minggu atau bulan. Ini adalah tentang kedisiplinan dan hanya bisa diperoleh melalui komitmen untuk pelatihan keras dan diet yang baik.”

Suplemen protein untuk orang sakit

sick people
Sick People

Namun, orang-orang yang sakit atau cacat, tidak dapat makan dengan benar sehingga mengakibatkan tubuh menjadi lemah, dapat menggunakan protein shake untuk membantu mereka mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan.

“Suplemen protein flavour cair (sekali campur), sering cepat dicerna dan mungkin memiliki sensasi menyenangkan, karena rasa manis dan berbagai rasa lainnya,” kata Azmina Govindji.

“Ini berarti bahwa mereka mungkin memiliki peran dalam memenuhi kebutuhan protein Anda ketika Anda makanan sehat dan kaya protein (seperti daging) sulit untuk dimakan atau ditelan.”

Jika Anda khawatir atau mengalami efek samping setelah mengambil suplemen apapun, terutama jika Anda membelinya secara online, disarankan untuk membuat janji konsultasi dengan dokter Anda.

Bahaya suplemen olahraga ilegal

sports suplements 2
Sports Suplements

Badan Pengatur Obat dan Kesehatan Inggris (MHRA) telah memperingatkan orang-orang untuk berhati-hati saat membeli suplemen olahraga ilegal, karena mereka kemungkinan besar mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat menyebabkan gagal ginjal, kejang dan masalah jantung.

Sebuah penyelidikan MHRA telah menemukan bahwa ada 84 produk ilegal, seperti produk minuman berenergi dan “pembentuk otot”, yang dijual mengandung bahan berbahaya seperti steroid, dan hormon perangsang. Diantara produk yang diambil dari pasar adalah produk steroid yang disebut Celtic Dragon. Produk ini mengakibatkan dua orang dirawat di rumah sakit dengan penyakit kuning dan kerusakan hati.

David Carter, manajer MHRA bagian obat-obatan terbatas, mengatakan:

“Orang-orang perlu menyadari bahwa membeli suplemen olahraga ilegal secara serius dapat merusak kesehatan Anda. Produk-produk itu mungkin dapat meningkatkan energi atau membentuk otot Anda, tapi mereka mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat menyebabkan gagal ginjal, masalah jantung atau kejang-kejang.”

Bahkan suplemen olahraga yang dijual secara legal pun dapat membahayakan Anda. Misalnya, jika Anda mengonsumsi obat-obatan serta suplemen bersamaan, suplemen bisa menghambat kinerja obat sehingga tidak memiliki efek menyembuhkan. Selalu membaca label pada kemasannya dan jika ragu, tanyalah apoteker tempat Anda membeli suplemen tersebut.

Selain itu, banyak klaim kesehatan yang dibuat tentang produk, makanan dan obat-obatan yang dijual secara online tidak terbukti. Cari tahu informasi lebih lanjut agar terhindar dari obat-obatan palsu.

‘Roid rage’

roid rage
Roid Rage

Meskipun tersedia dengan resep dokter untuk berbagai alasan klinis, beberapa steroid telah disalahgunakan ketika dipergunakan sebagai obat meningkatkan kinerja. Mereka menarik karena mereka didasarkan pada hormon testosteron pria dan karena itu dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja, dan merangsang pertumbuhan otot.

“Tapi mereka juga dapat meningkatkan agresi,” memperingatkan Rick Miller, mengacu pada apa yang biasa disebut “roid rage”.

“Efek utama lainnya dari penggunaan steroid termasuk peningkatan tekanan darah, kerusakan organ-organ utama tubuh seperti jantung, hati, ginjal, jerawat berlebihan dan penurunan kemampuan seksual,” katanya.

Obat penurun berat badan (DNP) dan keterkaitannya dengan kematian

dnp
2,4-dinitrophenol

Salah satu obat yang termasuk produk ilegal tapi masih tersedia secara online, terutama dari pemasok yang berbasis di luar negeri, adalah 2,4-dinitrofenol (DNP). DNP adalah kombinasi dari senyawa yang pada awalnya dipasarkan di tahun 1930-an sebagai obat penurunan berat badan. Obat ini sangat beracun dan menyebabkan efek samping yang signifikan, dan telah menyebabkan setidaknya tiga kematian sejauh ini.
DNP dianggap sangat populer di kalangan binaragawan, yang tertarik pada janji-janji  penurunan berat badan secara cepat.
Nama lain untuk DNP, yang dikemas dalam bentuk pil atau serbuk, meliputi:
  1. Dinosan
  2. Dnoc
  3. Black Solfo
  4. Nitrophen
  5. Aldifen
  6. Chemox
DNP sangat berbahaya karena menyebabkan percepatan metabolisme secara ekstrim. Hal ini dapat memicu efek samping yang berbahaya, seperti:
  1. Kegelisahan
  2. Kulit memerah
  3. Sakit kuning
  4. Sakit kepala
  5. Detak jantung yang luar biasa cepat
  6. Bernapas terlalu cepat
  7. Keringat berlebihan
  8. Merasa sangat haus (dehidrasi)
  9. Mual
  10. Demam
  11. Muntah
Menggunakan DNP selama jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan katarak dan kulit mengelupas, dan juga dapat menyebabkan kerusakan pada jantung dan sistem saraf. Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa DNP juga dapat menyebabkan kanker dan meningkatkan risiko bayi lahir cacat.
The Food Standards Agency (FSA) telah bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam dan luar negeri untuk mencegah DNP dijual secara ilegal kepada publik, terutama melalui media online.
Tapi banyak situs yang menawarkan DNP untuk dijual berdasarkan pesanan dari luar negeri, membuat pekerjaan menjadi sulit. Beberapa situs menawarkan produk ilegal bersama obat penurunan berat badan terdaftar, sehingga sangat sulit untuk membedakannya. (nhs.uk/tvsx)

Komentar

Berita Lengkap Lainya