oleh

Danone Specialized Nutrition Indonesia Dalam Menjaga Keberlanjutan 6 Pilar Utama

Danone Specialized Nutrition Indonesia Dalam Menjaga Keberlanjutan 6 Pilar Utama
HastagNet – Dulu banget bercita-cita bekerja di sebuah perusahaan makanan. Pernah banget melamar di perusahaan makanan dan minuman yang produknya sudah dikonsumsi masyarakat luas, sayangnya gagal masuk, karena saingan pelamar S2 Accounting, sedangkan saya masih fresh Graduate. Jadi ya legowo saja. Sampai akhirnya, saya melamar ke sebuah perbankan di bagian insurance. Alhamdulillah diterima, dan bisa mendapatkan banyak pengetahuan.
Dari dulu lebih memilih melamar di perusahaan yang sudah terkenal dengan produknya, bukan karena gaji dan karir, tapi memang suka melihat banyak program dan komitmennya untuk masyarakat juga. Setiap perusahaan juga memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR), yang berisi banyak kegiatan positif juga, termasuk untuk masyarakat. Makanya suka happy kalau datang ke sebuah event yang diadakan perusahaan besar dan mendengarkan program-program kerennya.
Seperti 12 Februari 2020 lalu, saya dan blogger lainnnya mendapatkan kesempatan untuk ikut serta ke Pabrik Danone yang berada di Citeureup, Kabupaten Bogor. Dala, acara ini sekaligus mendengarkan langsung Laporan Berkelanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia.

Melihat aktivitas PAUD Cerdas

Sampai di Citeureup, kami yang hadir dapat melihat secara langsung penampilan anak-anak dari PAUD Cerdas yang merupakan binaan dari Danone. PAUD Cerdas ini sudah ada 7 lulusan, dan kini muridnya ada sekitar 15 orang. Danone selalu fokus pada pemenuhan gizi dan nutrisi anak bangsa, salah satunya dengan program isi piringku.
Yang menarik adalah ketika anak-anak PAUD Cerdas menampilkan senam Isi Piringku. Dan saat mendengarkan lirik lagunya Isi Piringku ini, tentunya bisa dilakukan anak-anak dalam kegiatan sehari-hari. Apalagi dalam isi piringku ada lauk pauk, buah-buahan, makanan pokok dan sayuran. Jangan lupa minum air putih, susu dan cuci tangan juga. Termasuk batasi gula, garam dan minyak juga. Perlu diketahui juga dalam isi piringku, beda usia itu beda kebutuhan juga.
Selesai melihat penampilan anak-anak, kami melakukan tour PAUD Cerdas, sekaligus melihat anak-anak antri cuci tangan dan menikmati makanan. Melihat isi piringku anak-anak beneran bikin ngiler, tuhkan jadi gagal fokus juga 😂😂.

Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia

Setelah melakukan kunjungan ke PAUD Cerdas, blogger dan media melanjutkan perjalanan ke pabrik Danone yang jaraknya memang sangat dekat sekali. Disini kami bisa mendengarkan langsung Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia, yang juga dihadiri langsung oleh Connie Ang, selaku Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia dan Arif Mujahidin. 
“Sebagai perusahaan yang berfokus untuk mengembangkan produk nutrisi berdasarkan riset dan ilmu pengetahuan dan berkontribusi pada kesehatan secara jangka panjang, kami percaya bahwa makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat pula. Hal ini merupakan refleksi dari misi Danone “One Planet One Health” ungkap Connie Ang. 
Perlu diketahui Danone Specialized Nutrition (SN) fokus kepada kesehatan ibu dan anak di Indonesia, yang terdiri dari nutrisi awal kehidupan (early life nutrition) dan nutrisi medis khusus (medical nutrition) yang bertujuan untuk membawa peruabahan positif pada kesehatan dan kesejahteraan manusia pada masa-masa penting kehidupan melalui inovasi produk yang inovatif dan berbasis ilmiah. Adapun di Indonesia sendiri, Danone SN ini terdiri dari PT. Nutricia Indonesia Sejahtera (Nutricia) yang sudah beridiri sejak tahun 1987 dan PT. Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) yang sudah berdiri sejak tahun 1954.
Produk dari Danone seperti SGM merupakan salah satu produk susu yang juga dikonsumsi anak-anak sejak lulus ASI 2 tahun. Karena sebagai ibu saya paham betul akan pentingnya melengkapi nutrisi anak-anak untuk menjadikannya generasi maju yang berprestasi dan lebih sehat di masa depan.
Danone Specialized Nutrition Indonesia akan wujudkan kontribusi positif terhadap peningkatan kesehatan masyarakat melalui riset dan inovasi, penyediaan produk nutrisi berkualitas dan berbagai inisiatif lainnya. Bahkan Danone Specialized Nutrition yang berfokus pada kesehatan ibu dan anak telah menjaga keberlanjutan 6 pilar utama, yakni:
  • Riset dan Inovasi
  • Rantai Nilai Nutrisi
  • Lingkungan
  • Pemberdayaan Masyarakat
  • Kepatuhan Bisnis
  • Pengembangan Karyawan
Melihat 6 pilar ini, tentu saja ini menjadi kontribusi positif dari Danone. Selain kesehatan ibu dan anak, juga pada lingkungan hingga pengembangan karyawan. Danone Specialized Nutrition pada 12 Februari 2020 juga meluncurkan laporan keberlanjutan dengan periode pelaporan 1 Januari 2017 sampai dengan 31 Desember 2018 sebagai sebuah komitmen transparansi untuk mengkomunikasikan bisnis serta dampak sosial perusahaan.
Terus apa saja isi pelaporannya?
Untuk mengetahui lebih jauh tentang Laporan Berkelanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia, diadakan panel diskusi yang menghadirkan narasumber, seperti Delta Deritawan selaku Manufacturing Director SN Indonesia, Karyanto Wibowo selaku Sustainability Director Danone Indonesia, Maria Dian Nurani selaku Ahli Bidang Keberlanjutan dari AICON, dan Ir. Dwi Hastuti, Msc, Kepala Divisi Perkembangan Anak, Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB).
Sustainability Report atau Laporan keberlanjutan merupakan bentuk laporan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka mengungkapkan atau mengkomunikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan mengenai kinerja lingkungan. Seperti yang diungkapkan Connie Ang, bahwa Danone ingin melaporkan secara tranparan apa saja inisiatif yang dilakukan untuk menjaga keberlangsungan berbagai aspek di setiap proses bisnis.
Dari pelopran ini bisa diketahui apa saja yang telah dilakukan Danone. Seperti yang diungkapkan Karyanto dalam diskusi Laporan Berkelanjutan ini sudah mencakup b6 pilar utama yang terdiri dari berbagai komitmen dan tanggung jawab. Dimana laporan juga disusun mengikuti pedoman Standar Pelaporan Keberlanjutan (GRI) dengan menampilkan struktur modular yang saling terkait dan mewakili praktik terbaik dalam pelaporan berbagai dampak ekonomi, lingkungan dan sosial. 
Adapun 10 komitmen Danone Specialized Nutrition di Indonesia yang perlu diketahui, yakni:

  1. Nutrisi sebagai fondasi kesehatan jangka panjang.
  2. Produk dan layanan yang berkualitas serta rantai bisnis berkelanjutan.
  3. Menerapkan sistem mutu dan standar keamanan pangan.
  4. Mengutamakan kepuasan pelanggan dan pemangku kepentingan.
  5. Operasional “Zero accident”.
  6. Lingkungan kerja yang sehat, aman dan mensejahterakan karyawan.
  7. Kepatuhan terhadap peraturan, termasuk kode etik pemasaran.
  8. Mendukung pemberian ASI Eksklusif.
  9. Bersama pemangku kepentingan mendorong praktik pemasaran bertanggung jawab.
  10. Budaya kepatuhan hukum sebagai tanggung jawab bersama.

6 pilar utama

Dalam Laporan Berkelanjutan yang sudah mencakup 6 pilar utama,  bisa diketahui langkah-langkah positif yang telah Danone SN ambil dalam setiap pelaksanaan kegiatan oeperasionalnya.
1. Riset dan Inovasi
Danone menerapkan perbaikan keberlanjutan dalam semua kegiatan penelitian dan inovasi dengan berdasarkan sains, teknologi dan keahlian lokal untuk Indonesia yang lebih sehat. Penelitian dan inovasi beryjuan untuk meningkatkan pengembangan produk secara lokal. Dimana penelitian ini memfasilitasi proses uji coba produk sampai dengan produk siap minum, tentunya dengan memastikan kualitas yang dihasilkan sesuai dengan standar internasional. Dimana proses inovasinya sebagai berikut:
  • Wawasan ilmiah dan teknologi/masalah kesehatan/kebutuuhan konsumen.
  • Studi praklinis/bukti konsep.
  • Studi klinis untuk keamanan dan kemanjuran.
  • Pengembangan produk.
  • Kemasan dan ilmu sensorik.
  • Transfer ke skala industri.
2. Kayawan Kami
Di Danone SN Indonesia sangat menyadari bahwa dalam berbicara mengenai nutrisi, ibu memiliki peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Maka dari itu melalui pemberdayaan perempuan, Danone mengangkat penting peran ibu dalam keluarga dan masyarakat. Bahkan di Danone karyawan wanita memiliki hak yang sama, seperti memberikan cuti melahirkan 6 bulan kepada karyawan wanita dan 10 hari kerja bagi karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan. Selain itu menyediakan ruang laktasi di kantor pusat dan pabrik. Serta 40% dari level manajemen diisi oleh karyawan wanita.
Tentu ini sangat menarik, apalagi Danone sendiri memiliki program sebagai bentuk pendekatan, mulai dari keberagaman inklusif, pelatihan dan pengembangan, pelatihan K3, one person one voice, manfaat untuk karyawan, dan keselamatan dan lingkungan yang sehat. Untuk program one person onne voice merupakan sebuah program employee engagement yang yang mengajak karyawan untuk dapat menyuarakan pendapat mereka.
3. Menyediakan nutrisi berkelanjutan melalui rantai nilai
Perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami permasalah “triple burden of malnutrition” dimana selain malnutrisi dan obesitas, anak-anak dan remaja Indonesia mengalami masalah kekurangan mikronutrien. Maka dari itu, dalam setiap kegiatannya, Danone SN Indonesia terus menerus mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, srta mencoba untuk membuka akses bagi ketersediaan makanan yang bernutrisi di berbagai pelosok.
Danone akan selalu memastikan sumber bahan makanan yang berkualitas, kemitraan peternak, standardisasi kualitas dan pengembangan pemasok. Yang menarik, dimana Danone juga mengadakan berbagai program pendidikan untuk meningkatakan pengetahuan peternak. Termasuk memberikan bantuan peralatan dan sapi perah. Bahkan untuk program merapi memberikan bantuan berupa peralatan dan kendaraan, serta mesin-mesin yang berkaitan dengan proses pemeliharaan sapi. 
4. Alam dan Lingkungan
Aspek lingkungan menjadi salah satu fokus dari Danone. Maka dari itu, Danone SN Indonesia sangat menyadari pentingnya mengelola sumber daya alam dan melestarikan lingkungan dengan bertanggung jawab. Keseriusan Danone dalam mewujudkan keberlanjutan tercermin pada salah satu gerakan yakni Preserve and Renew The Planet’s Resources. Untuk memberikan dampak positif bagi dunia dan Danone bercita-cita untuk menjadi penggagas inisiatif. Dimana pada semua produk yang ada Danone berkomitmen untuk mengimplementasikan produksi hijau sera konsep circular economy pada kemasan yang dibuat.
Adapun program dalam pendekatan Danone yakni pengelolaan air dan air limbah, inisiasi green office, kontrol emisi dan konsumsi energi, serta pengelolaan dan pengolahan limbah produksi. Air adalah sumber daya yang penting bagi kehidupan manusia serta merupakan faktor penting dalam memastikan ketahanan pangan dan sanitasi. Danone telah berhasil mengurangi konsumsi air sebesar 3% sebagai hasil komitmen untuk selalu menjaga dan menghargai pentingnya air. 
5. Pemberdayaan sosial ekonomi
Danone SN Indonesia bertujuan untuk menerjemahkan nilai-nilai yang telah diciptakan pendiri kami menjadi kenyataan. Danone SN menciptakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Danone mengidentifikasi 5 fokus kegiatan socioeconomic empowerment yaitu:
  • Kesehatan dan nutrisi
  • Pendidikan usia dini
  • Pengembangan ekonomi lokal
  • Pemberdayaan wanita
  • Bencana dan kebutuhan khusus
Selain itu, Danone juga mengembangkan beberapa program guna mendukung lima fokus kegiatan socioeconomic empowerment. Seperti Program pencegahan stunting, Isi piringku, proyek merapi, rumah tempe, warung anak sehat, rumah srikandi, rumah bunda sehat, taman pintar, duta 1000 pelangi dan bantuan kemanusiaan gempa Palu-Sigi dan Donggala.
Isi piringku menjadi program pendidikan yang bertujaun untuk memerangi stunting di Indonesia dengan mempromosikan konsumsi makanan yang sehat. Danone sangat sadar betul, bahwa stunting dapat menimbulkan potensi yang berbahaya, sehingga akan terus berupaya mendidik masyarakat tentang bahaya stunting dan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat. Dengan kampanye “Isi Piringku” telah memberikan manfaat bagi lebih dari 7.000 orangtua dan 700 huru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
6. Kepatuhan
Danone berkomitmen untuk mewujudkan praktik bisnis berkelanjutan dengan terus meningkatkan kinerja. Bahkan selama 2018, Danone tidak mempunyai denda atau sanksi hukum terkait ketidakpatuhan terhadap peraturan lingkungan sosial, maupun ekonomi, 
Secara berkelanjutan, Danone terus membangun sistem tata kelola yang kuat guna mencapai visi misi Danone. yang tercermin dalam penerapan transparansi, pengambilan keputusan yang adil, tepat waktu, dan efektif di seluruh kegatannya. 

Dengan mendengarkan secara langsung Laporan Berkelanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia, banyak sekali diketahui tentang program-program dari Danone SN dalam upaya peningkatan gizi masyarakat Indoanesia. Danone SN selalu bermitra dengan pemerintah, lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Akademisi dan juga masyarakat. 
Selain mengunjungi PAUD Cerdas dan mendengarkan Laporan Keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia, kami juga diajak untuk keliling pabrik. Dan mengetahui proses pembuatan susu yang selalu dikonsumsi anak-anak Indonesia untuk menjadikannya lebih sehat dan generasi maju. (*)



Komentar

Berita Lengkap Lainya