oleh

Bermacam Ketentuan yang Butuh Dicermati Dikala Mengurangi Berat Tubuh

HastagNet – Memiliki berat badan ideal tentu idaman bagi setiap orang. Bahkan, tak sedikit orang yang menggunakan cara cepat untuk menurunkan berat badan. Padahal, cara tersebut belum tentu aman bagi kesehatan. Bila Anda berencana untuk diet, ketahuilah cara dan aturan menurunkan berat badan yang benar.

Diet merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk mendapatkan berat badan ideal. Sebagian orang bahkan menjalani diet ketat dengan tujuan menurunkan berat badan secara cepat. Diet tersebut bisa saja ekstrem atau berbahaya bagi orang yang menjalaninya.

Padahal, diet yang tepat adalah diet yang dilakukan dengan cara menjalani pola makan bergizi seimbang, dengan tetap memenuhi beragam nutrisi yang diperlukan tubuh. Diet sehat dan bergizi seimbang pun bisa berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, dan aktivitas sehari-hari.

Efek Samping Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Apakah Anda pernah mendengar istilah efek diet yoyo? Diet yoyo adalah salah satu cara yang digunakan untuk menurunkan berat badan di waktu tertentu saja. Akan tetapi, berat badan Anda akan kembali naik saat diet dihentikan, karena pola makan kembali normal seperti sebelum diet.

Menarik Dibaca!  Sebagian Wanita Akui, Lebih Berg4irah Berhubung4n Sex Saat Menstru4si. Simak berikut !!

Sekilas, diet yoyo menunjukkan cara yang mudah dan cepat dalam menurunkan berat badan. Namun, efek dari diet ini tidak baik bagi kesehatan. Beberapa studi menunjukkan bahwa diet yoyo dapat meningkatkan risiko terfjadinya beberapa masalah kesehatan, seperti:

  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Penyakit batu empedu
  • Penyakit kardiovaskular, misalnya penyakit jantung
  • Resistensi insulin dan diabetes
  • Gangguan psikologis, seperti depresi dan gangguan cemas

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Aman

Idealnya, penurunan berat badan yang sehat adalah sekitar 0,5–1,5 kg per minggu. Meski terlihat lambat, tetapi cara ini terbukti efektif mempertahankan berat badan ideal dalam jangka panjang. Untuk menurunkan berat badan secara ideal, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

Konsumsi karbohidrat kompleks dan serat

Untuk menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Jenis makanan ini memiliki lebih banyak serat, mineral, dan vitamin yang penting bagi tubuh.

Selain itu, karbohidrat kompleks dan serat memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Serat juga baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Menarik Dibaca!  Sungguh Memalukan. Sang Ibu B3rh*bung*n dengan anaknya sendiri atas dasar Cinta sama Suka

Beberapa jenis makanan yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks adalah sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, seperti beras merah dan gandum.

Konsumsi makanan bergizi seimbang

Menurunkan berat badan bukan berarti menjauhi berbagai jenis makanan. Anda tetap perlu memenuhi asupan nutrisi sehari-hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Makanan sehat yang ideal terdiri atas berbagai jenis nutrisi, termasuk protein, karbohidrat, lemak sehat, serat, mineral, dan vitamin.

Sebelumnya, sistem piramida sering digunakan sebagai panduan asupan gizi seimbang. Kini, panduan gizi seimbang lebih banyak menggunakan panduan piring makan yang terdiri dari:

  • ½ dari piring makan terdiri dari aneka sayur dan buah-buahan dengan beragam jenis warna
  • ¼ dari piring makan diisi dengan protein, seperti ikan, ayam, daging tanpa lemak, telur, atau kacang-kacangan, tetapi bukan daging olahan, misalnya sosis
  • ¼ dari piring makan dipenuhi dengan karbohidrat dari biji-bijian utuh, seperti nasi cokelat dan gandum utuh

Selain itu, lengkapi pula dengan sedikit minyak sehat, seperti minyak zaitun, minyak kedelai, atau minyak jagung. Hindari menggunakan minyak yang mengandung lemak jenuh atau kolesterol tinggi.

Menarik Dibaca!  Kamera Aneh Tapi Nyata

Konsumsi air putih yang cukup juga penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Jika Anda ingin mengonsumsi susu, cari alternatif produk susu kaya kalsium tanpa pemanis, seperti susu soya.

Aktif bergerak dan rutin berolahraga

Menurunkan berat badan akan lebih maksimal jika disertai dengan olahraga secara rutin. Tak perlu melakukan olahraga berat. Anda bisa memulainya dengan aktivitas fisik yang bersifat ringan, seperti berjalan, bersepeda, yoga, atau berenang selama 10–15 menit.

Setelah terbiasa berolahraga, usahakan untuk rutin melakukannya setidaknya selama 30 menit setiap hari atau minimal 3–5 kali seminggu.

Berat badan ideal bukanlah sesuatu yang dapat diperoleh secara cepat. Dibutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar untuk mencapainya. Oleh karena itu, diperlukan komitmen yang kuat agar Anda bisa menjalani diet dan pola hidup sehat tersebut secara rutin.

Bila Anda sudah mengikuti berbagai tips di atas, tetapi belum berhasil menurunkan berat badan sesuai target, cobalah untuk konsultasi ke dokter untuk menentukan diet serta cara menurunkan berat badan yang tepat sesuai kondisi kesehatan Anda. [alodokter]

Komentar

Berita Lengkap Lainya