oleh

11 Metode Stop Merokok yang Teruji Jitu serta Bebas Resiko “Sakau”

HastagNet – Merokok mendatangkan banyak penyakit dan masalah kesehatan serius. Bahkan, merokok juga bisa membahayakan kesehatan orang sekitar yang “hanya” menghirup asapnya. Maka dari itu, berhenti merokok menjadi cara terbaik untuk memperpanjang usia dan memperbaiki kualitas hidup; bukan hanya untuk si perokok, tapi juga orang lain. Nah bagi Anda yang sudah berniat berhenti merokok tetapi tidak tahu bagaimana cara terbaik memulainya, baca artikel ini sampai tuntas!

Cara berhenti merokok paling ampuh dan aman

Ada banyak cara untuk berhenti merokok. Cara mana yang pasti berhasil untuk satu orang mungkin saja bisa berbeda pada orang lainnya.

Namun, yang perlu Anda tentukan pertama kali adalah bagaimana memulainya: apakah ingin langsung berhenti total atau sedikit-sedikit mengurangi rokok tapi pasti? Mana cara yang terbaik untuk diri sendiri tentu hanya Anda yang tahu.

Keduanya sama-sama baik dan efektif. Anda hanya tinggal mencari kira-kira mana yang paling memungkinkan untuk dilakukan. Setelah itu, barulah cari metode untuk mewujudkannya, seperti:

  1. Buat daftar alasan harus berhenti merokok

Bagi sebagian besar orang, berhenti merokok menjadi salah satu keputusan besar dan berat dalam hidup. Pasalnya, merokok memang sangat candu dan sulit dihilangkan.

Oleh karenanya, Anda perlu menuliskan berbagai alasan mengapa Anda ingin berhenti merokok. Tuliskan dalam sebuah buku agar bisa dibaca kembali saat semangat mulai redup.

Alasan-alasan ini tentu berbeda pada setiap orangnya. Bisa karena kesehatan diri sendiri atau keluarga. Sesepele apa pun alasannya, tuliskan secara jelas agar terdokumentasikan dengan baik. Ketika semangat Anda mulai luntur dan godaan datang menyerang, buka kembali catatan Anda sebagai motivasi.

  1. Rencanakan kapan akan mulai berhenti merokok

Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, tentukan tanggal pastinya sebelum mencari cara efektifnya. Namun sebelum menentukan tanggal, pikirkan matang-matang terlebih dahulu dan cari waktu yang paling tepat.

Sebaiknya pilihlah tanggal yang tidak terlalu jauh dari niatan ini muncul agar Anda tidak tergoda untuk berubah pikiran. Kemudian, menurut American Cancer Society ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan sebelumnya, yaitu:

  • Memberi tahu teman, keluarga, dan rekan kerja Anda mengenai kapan Anda akan berhenti merokok
  • Membuang semua sisa rokok yang Anda punya plus asbak yang ada di rumah
  • Menyiapkan pengganti rokok entah itu permen karet, lolipop, atau apa pun yang sekiranya bisa dijadikan alternatif

Setiap kali hasrat untuk kembali merokok sangat kuat, alihkan pikiran ini. Kemudian, coba cari tau siapa saja orang terdekat Anda yang sudah berhasil berhenti merokok. Ceritakan kesulitan ini padanya dan mintalah nasihatnya.

  1. Antisipasi waktu-waktu rawan merokok

Merokok lebih dari sekadar kecanduan fisik terhadap nikotin. Akan tetapi, kebiasaan ini juga termasuk kecanduan psikologis.

Oleh karena itu, Anda pasti sadar ada waktu-waktu dan pemicu tertentu di mana Anda pasti merokok. Nah tugas Anda sekarang adalah mengantisipasi hal ini.

Tulis dalam sebuah buku kira-kira apa saja hal yang membuat Anda sangat ingin merokok. Kemudian, pada tiap pemicunya, sertakan juga solusi yang sekiranya perlu Anda lakukan.

Menarik Dibaca!  Gugah Selera dengan Ikan Asin Cabe Ijo

Biasanya, beberapa faktor yang memicu “ngidam rokok”, yaitu:

  • Saat minum kopi
  • Setelah makan
  • Sedang berkendara
  • Saat berada dalam tekanan
  • Minum alkohol
  • Saat berkumpul bersama teman-teman

Untuk mengatasi berbagai pemicunya, berikut cara yang bisa dilakukan untuk bantu berhenti merokok:

  • Jika Anda terbiasa merokok di pagi hari dengan secangkir kopi, coba atur ulang jadwal minum kopi menjadi di kantor misalnya. Dengan begitu, Anda jadi tidak punya kesempatan untuk merokok
  • Jika terbiasa merokok saat mengemudi, coba ambil rute yang berbeda. Hal ini bisa membantu menyibukkan pikiran Anda hingga tak ada waktu untuk merokok
  • Jika terbiasa merokok setelah makan, segera bangun dari duduk kemudian gosok gigi atau berjalan-jalan dan menyibukkan diri agar keinginan untuk merokok sirna

Jangan memberikan diri Anda sekali kesempatan untuk merokok kembali jika tak ingin kebablasan. Kembalikan tekad kuat Anda dengan mengingat tujuan Anda berhenti merokok. Baca kembali catatan yang berisi alasan Anda ingin berhenti merokok.

  1. Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan

Dua minggu pertama sangat menentukan kesuksesan Anda saat berhenti merokok untuk ke depannya. Jika dalam dua minggu pertama Anda berhasil untuk tidak merokok, peluang berhasil ke depannya juga lebih tinggi.

Oleh karena itu, kuatkan tekad Anda dalam dua minggu pertama agar program ini berhasil. Untuk menunjang keberhasilan, sibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Anda bisa mengikuti berbagai kegiatan sosial, berolahraga di pusat kebugaran, bersepeda, atau berkumpul bersama teman. Apa pun kegiatannya, pastikan Anda menikmatinya sehingga keinginan untuk merokok perlahan bisa berkurang.

Jangan terlalu sering menyendiri dan memikirkan betapa beratnya saat tidak merokok. Ruang kosong ini memberikan peluang Anda untuk dapat merokok kembali.

  1. Hindari berkumpul dengan para perokok

Tekad kuat seseorang untuk berhenti merokok terkadang bisa runtuh hanya karena berkumpul dengan teman yang merokok. Godaan ini akan sangat nyata dan sulit ditolak meski mungkin Anda sudah melakukan berbagai cara untuk berhenti merokok.

Jika Anda sekiranya mudah tergoda, sebisa mungkin jangan dulu berkumpul dengan teman-teman Anda yang merokok. Kalau pun acaranya sangat penting, menjauhlah saat rekan-rekan Anda mulai merokok. Anda bisa beralasan ke toilet atau ingin menemui rekan yang lainnya.

Anda juga bisa menolak dengan halus saat ditawari rokok dan katakan padanya bahwa Anda sudah berhenti merokok. Dengan begitu, diharapkan rekan Anda bisa mengerti dan tak akan menawarinya lagi di lain waktu.

  1. Terus motivasi diri sendiri

Motivasi terkuat adalah yang datang dari dalam diri sendiri. Oleh karena itu, belajarlah untuk mensugesti diri sendiri dengan berbagai kalimat positif agar Anda tak lagi tergoda untuk kembali merokok.

Biasanya keinginan untuk merokok hanya bertahan sekitar 10 sampai 20 menit. Oleh karena itu, Anda bisa mengalihkan keinginan ini salah satunya dengan bicara pada diri sendiri.

Anda bisa memotivasi diri misalnya dengan berbicara pada diri bahwa merokok hanya menghabiskan uang. Kemudian kalkulasikan uang yang dikeluarkan untuk merokok dalam sebulan. Terkadang uang menjadi motivator utama yang bisa membantu menghentikan keinginan untuk merokok.

Menarik Dibaca!  Cara Melihat Kepribadian Seseorang Dari Cara Memakai Cincin

Selain itu, Anda juga memotivasi diri sendiri untuk tetap bertahan tidak merokok karena alasan keluarga misalnya. Apa pun alasannya, kuatkan diri Anda dari berbagai godaan yang menyerang.

  1. Menjauhkan diri dari stres

Stres atau berada di bawah tekanan merupakan salah satu hal yang membuat keinginan untuk merokok muncul kembali. Pasalnya bagi sebagian orang, rokok menjadi pengahalau stres yang cukup ampuh.

Agar hal ini tak terjadi, ada baiknya untuk melakukan berbagai kegiatan menyenangkan sebagai gantinya. Selain itu, Anda juga sebaiknya beristirahat dengan cukup. Ini karena stres rentan menyerang ketika seseorang tidur kurang dari 7 jam dalam sehari.

Selain itu, Anda juga perlu makan makanan sehat agar tubuh mendapat cukup nutrisi. Makanan yang mengandung gula berlebih sebaiknya dihindari karena bisa memicu stres.

Saat stres mulai datang, coba tarik napas dalam-dalam secara perlahan. Tarik napas melalui hidung dan buang napas melalui mulut. Ulangi selama 5 kali atau sampai beban pikiran Anda mulai berkurang.

  1. Terapi pengganti nikotin

Nikotin merupakan zat di dalam rokok yang membuat seseorang merasa kecanduan. Nah terapi pengganti nikotin adalah cara untuk mengurangi kecanduan nikotin untuk para perokok berat.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Cochrane Database System, cara ini mampu meningkatkan angka berhenti merokok sekitar 50 sampai 70 persen.

Terapi pengganti nikotin terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

Patch
Patch nikotin adalah jenis terapi yang menggunakan semacam plester untuk ditempel di area kulit tertentu. Patch ini membantu memasok nikotin yang akan diserap langsung oleh kulit.

Tablet hisap atau permen.
Nikotin dalam bentuk tablet hisap atau permen biasanya akan diserap oleh langsung oleh mulut agar efeknya bisa terasa. Oleh karenanya, sebelum dan saat mengonsumsi nikotin jenis ini, Anda tidak disarankan untuk makan atau minum selama kurang lebih 15 menit. Pasalnya, makanan dan minuman bisa memengaruhi penyerapan nikotin.

Inhaler dan semprotan hidung.
Inhaler dan semprotan hidung termasuk metode terapi yang paling cepat memberikan efek. Namun, karena efeknya cenderung cepat, risiko untuk kecanduan pun cukup tinggi. Baik inhaler maupun semprotan hidung keduanya membutuhkan resep dokter agar aman digunakan.

Terapi penggantian nikotin merupakan cara untuk berhenti merokok yang membutuhkan pengawasan dokter. Dokter akan menyesuaikan dosis nikotin yang diberikan agar tak sampai memberikan efek buruk untuk tubuh Anda.

  1. Obat-obatan

Selain berbagai cara alami, ada beberapa obat resep yang bisa membantu Anda untuk berhenti merokok. Sebagian obat bisa digunakan secara bersamaan dengan terapi pengganti nikotin. Berencana untuk mencoba berhenti merokok dengan cara minum obat? Berikut daftar obat yang bisa digunakan:

Zyban (Wellbutrin, bupropion)
Zyban (Wellbutrin, bupropion) adalah obat antidepresan yang membantu mengurangi hasrat untuk mengonsumsi nikotin dan berhenti merokok. Di otak, obat ini bekerja dengan memengaruhi zat yang menyebabkan seseorang ingin mengonsumsi nikotin.

Zyban bekerja paling efektif jika dimulai 1 sampai 2 minggu sebelum Anda berhenti merokok. Biasanya dokter akan memberikan dosis 150 mg tablet satu sampai dua kali sehari. Obat ini juga bisa dilanjutkan konsumsinya selama 8 sampai 12 minggu setelah berhenti merokok.

Menarik Dibaca!  Menghadirkan 40 Niat Sekaligus Dalam Tilawah Qur'an

Obat yang masuk dalam golongan Zyban punya berbagai efek samping seperti:

  • Mulut kering
  • Sulit tidur
  • Gelisah
  • Lekas marah
  • Gangguan pencernaan
  • Sakit kepala

Obat ini tidak boleh diminum untuk Anda yang pernah memiliki kondisi berikut:

  • Kejang
  • Peminum alkohol berat
  • Penyakit bipolar
  • Anoreksia atau bulimia

Biasanya, menggabungkan terapi pengganti nikotin dengan obat Zyban akan lebih efektif dibandingkan hanya menggunakan salah satunya.

Pasalnya, keduanya bisa saling melengkapi fungsi satu sama lain. Zyban bekerja dengan mengurangi hasrat pada zat kimia di otak. Sementara terapi pengganti nikotin bekerja secara bertahap untuk menarik tubuh Anda dari kecanduan nikotin.

Namun, penggunaan kedua obat secara langsung bisa meningkatkan tekanan darah Anda. Oleh karena itu, dokter akan terus memantau tekanan dalam selama proses pengobatan.

Chantix (Champix, varenicline)
Varenicline adalah obat resep yang dapat mengurangi hasrat untuk merokok. Chantix salah satunya bekerja dengan merangsang reseptor nikotin di otak dan memberikan efek seolah-olah Anda sedang merokok. Akan tetapi, di saat yang sama obat ini juga mengurangi rasa senang yang bisa didapatkan saat merokok.

Chantix biasanya perlu mulai dikonsumsi seminggu sebelum Anda berhenti merokok. Sayangnya, obat ini memiliki efek samping yang tak bisa disepelekan. Chantix bisa meningkatkan risiko depresi, munculnya pikiran untuk bunuh diri, dan percobaan bunuh diri. Itu sebabnya penggunaan Chantix harus di bawah resep dan pengawasan dokter.

  1. Hipnosis

Hipnosis adalah cara lain untuk berhenti merokok yang disebut-sebut bisa memberikan efek positif. Hipnosis sendiri merupakan metode yang dilakukan dengan mensugesti seseorang dan dilakukan oleh praktisi khusus.

Nantinya, Anda akan dibuat untuk berada dalam situasi yang sangat santai dan terbuka untuk menerima saran apa pun. Praktisi hipnosis akan membantu memperkuat tekad Anda untuk berhenti merokok dan membuat kesan buruk terhadap rokok.

  1. Terapi perilaku

Terapi perilaku menjadi salah satu cara efektif yang kerap dianjurkan untuk berhenti merokok. Pasanya merokok dan kecanduan nikotin sangat berhubungan dengan perilaku atau kebiasaan.

Terapi ini akan dilakukan oleh ahlinya untuk menemukan cara berhenti merokok yang paling tepat. Pertama-tama, Anda akan diajak menemukan pemicunya dan membuat serangkaian solusinya.

Jangan mudah menyerah

Berhenti merokok memang tidak mudah bagi para perokok berat. Itu sebabnya tak jarang niatan ini gagal meski sudah melakukan berbagai cara untuk berhenti merokok.

Namun, Anda tak boleh menyerah begitu saja. Ingat, meski sulit berhenti merokok bukan hal mustahil. Anda hanya perlu menyiapkan cadangan semangat agar motivasi terus ada dan terbakar di dalam dada.

Tidak ada yang tidak mungkin asalkan Anda mau berusaha dan sedikit berkorban. Jika orang lain saja bisa, mengapa Anda tidak?

Yuk, masukkan berbagai cara berhenti merokok ke dalam resolusi tahun 2020 Anda. Semoga sukses!. [*]

Komentar

Berita Lengkap Lainya